Tambahkan GST India atau hitung nilai sebelum pajak
Untuk menambahkan GST: pajak = nilai bersih × tarif / 100, lalu nilai kotor = nilai bersih + pajak. Untuk mengeluarkan GST: nilai bersih = nilai kotor / (1 + tarif / 100), lalu pajak = nilai kotor − nilai bersih.
Pilihan tarif bawaan adalah tarif gabungan untuk barang dari daftar tarif CBIC India, termasuk perubahan tahun 2026. Opsi tarif lain menerima tarif yang sudah Anda ketahui, termasuk nol. Tarif jasa dan tarif bersyarat bisa berbeda; daftar ini tidak menentukan tarif untuk suatu produk.
Pilih CGST + SGST jika Anda memerlukan dua komponen tarif yang sama besar dalam GST India. Jika tidak, hasil menampilkan seluruh pajak sebagai IGST. Anda menentukan perlakuan yang berlaku.
Contoh
Untuk nilai sebelum pajak ₹1.000 dengan tarif 18%, GST India sebesar ₹180 dan nilai termasuk pajak sebesar ₹1.180. Pembagiannya adalah CGST ₹90 dan SGST ₹90. Mengeluarkan GST 18% dari ₹1.180 menghasilkan nilai sebelum pajak ₹1.000.
Sebelum menggunakan hasil
Nilai menggunakan paise dan dibulatkan dengan nilai tepat di tengah menjauhi nol. Nilai sebelum pajak ditambah pajak selalu sama dengan nilai termasuk pajak. Jika total GST mengandung jumlah paise ganjil, satu paise tambahan dialokasikan ke SGST agar jumlah yang ditampilkan sesuai; ini adalah estimasi aritmetika, bukan aturan pelaporan pajak India. Nilai negatif merupakan penyesuaian. Batas input: ₹1 lakh crore. Alat ini tidak menentukan klasifikasi produk, registrasi, pengecualian, kredit pajak masukan, atau cess.
Catatan sumber
CBIC Notification 09/2025: goods tax schedules · Diperbarui
Judul daftar tarif dalam sumber, persis seperti aslinya: “Schedule I – 2.5%”, “Schedule II – 9 %”, “Schedule III– 20%”, “Schedule IV– 1.5%”, “Schedule V – 0.125%”, “Schedule VI – 0.75%”. Ini adalah tarif pajak pusat di India. Mengalikan setiap tarif dengan dua menghasilkan tarif total GST barang yang dapat dipilih: 5%, 18%, 40%, 3%, 0,25%, dan 1,5%.
CBIC Notification 19/2025: removal of Schedule VII · Diperbarui
Kalimat persis dalam sumber: “the Schedule VII – 14%, and the entries relating thereto shall be omitted.” Kutipan tanggal mulai berlaku: “1st day of February, 2026”. Ketentuan ini menghapus daftar tarif gabungan GST barang sebesar 28% yang sebelumnya berlaku di India.
CBIC Notification 01/2026: current amendment · Diperbarui
Kutipan persis: “in Schedule I – 2.5%” dan “In Schedule III – 20%”. Perubahan tarif pajak pusat India terbaru yang tercantum di CBIC pada 4 Oktober 2026 mengubah entri tarif dan mempertahankan tarif dalam daftar tersebut. Kalkulator ini tidak mengklasifikasikan produk atau menerapkan pengecualian, persyaratan, maupun pungutan cess.
Diperbarui
Kutip halaman ini
ToolOctopus. “Kalkulator GST India.” Diperbarui 7 Oktober 2026. https://tooloctopus.com/id/kalkulator-gst-india.
Tambahkan tanggal akses jika pedoman yang Anda ikuti mewajibkannya.
Format sitasi menggunakan citeproc-js buatan Frank Bennett dan gaya Citation Style Language. Lisensi dan kode sumber.